food & drink Places travel

Tour Danau Sentani: Cara Baru Menikmati Pesona Danau Sentani

wisatawan yang sedang mengabadikan foto dari Tour Danau Sentani

Tidak saja Raja Ampat yang terkenal dengan alamnya yang megah. Papua juga terkenal dengan Danau Sentani yang merupakan Danau Terbesar di Papua. Terletak di Provinsi Jayapura tepatnya Kabupaten Jayapura danau ini terbentang seluas 9.360 Hektar dengan kedalaman 70 meter di bawah permukaan laut. Letaknya yang menyatu dengan wilayah cagar alam cycloops membuat latar dari danau ini merupakan pemandangan selamat datang yang anggun menyapa setiap pesawat yang mendarat di Airport Internasional Sentani.

Sebelum-sebelumnya untuk menjelajahi danau ini tidak begitu banyak pilihan dan kilometer yang bisa dijelajahi. Mengingat luasnya dan harga untuk membayar boat yang relatif mahal bila semakin jauh jarak destinasi yang dituju. Cara lebih sederhana adalah dengan mengikuti jalan di pinggir danau atau menggunakan katinting (perahu kecil tradisional yang tidak berseman). Dimulai dari tahun ini, Masyarakat Jayapura bisa memanfaatkan kapal wisata dari PT Angkutan Sungai, Danau dan Penyeberangan Indonesia Ferry (ASDP) yang sudah beroperasi. Dengan dua armada dari ASDP ini memberikan satu lagi daya tarik wisata yang saya pastikan bakal menjadi daya tarik: Tour Danau Sentani.

@jeni.karay

Tinggal datang ke Dermaga Khalkote yah manteman buat menikmati Tour Danau Sentani #exploresentani #sentanilake #tiktokjayapura #tiktokpapua #fypdongggggggg

♬ Food Vlog – Sound_Force

Kapal ini memiliki daya tampung maksimal 100 orang dengan jaringan internet yang bisa diakses oleh wisatawan. Kursi yang empuk, meja yang dapat digunakan untuk bekerja ataupun makan siang, pelampung yang tersedia, musik yang selalu terdengar untuk menghibur penumpang kapal membuat semarak perjalanan menjelajahi danau sentani semakin lengkap. Tidak saja hanya untuk umum, teman-teman yang ingin menggunakan kapal ini untuk rombongan maupun acara privat juga terbuka untuk menggunakannya. Seru kan?

bagian atas kapal yang dapat digunakan oleh pengunjung untuk menikmati keindahan Danau Sentani

Kedua kapal wisata ini beroperasi dari hari selasa hingga sabtu dengan rute yang berbeda. KM Emfote melayani rute ke wilayah Khalkote-Yabaso-Yahim PP. Cukup dengan Rp. 88.000 teman-teman sudah menjelajahi perairan danau sentani selama 120 menit. Saya suka sekali dengan rute yang diberikan karna kita bisa melewati kampung-kampung pinggir danau sentani yang sebelumnya belum pernah kita lihat sudut pandangnya. Berikutnya ada KM Itaufili yang melayani rute Khalkote-Waena-Puay PP dengan tarif Rp. 102.000. Rute ini memang lebih mahal karena jaraknya lebih jauh. Untuk teman-teman yang ingin menikmati indahnya sunset di danau sentani dapat mengikuti KM Itaufili. Pastikan juga cuaca lagi cerah-cerahnya yah agar semburat senja yang teman-teman saksikan semakin indah.

wisatawan dapat melihat panorama dari cyclop yang menyatu dengan Danau Sentani
Pulau Hosena, salah satu pulau yang dilewati dalam rute wisata danau sentani
sunset di Perairan Danau Sentani dari atas KM Itaufili
tidak lupa, saya juga berpose untuk mengabadikan perjalanan saya hari ini 🙂

Untuk menikmati layanan ini teman-teman cukup datang ke Dermaga Khalkote dari hari selasa hinggal sabtu jam 9 pagi dan jam 12 siang. Jangan lupa untuk membawa makanan dan minuman sendiri karena belum ada kantin atau kafetaria di kedua kapal ini. Namun pihak ketiga yang bekerjasama dengan kapal ini juga menyediakan jasa makanan yang bisa teman-teman pesan tentunya dengan ketentuan minimum pax.

So, jangan lupa tambahkan Tour Wisata Danau Sentani ini kedalam listmu untuk liburan maupun destinasi wisata di Papua.

@jeni.karay

Yang mau makan diatas kapal boleh silakan reservasi dulu yah, kalau mau bawa dari rumah juga bisa. #exploresentani #sentanilake #tiktokpapua #tiktokjayapura #fypdongggggggg #tourdanausentani

♬ Food Vlog – Sound_Force
Facebook Comments Box

1 Comment

  1. fanny_dcatqueen

    June 23, 2022 at 7:55 am

    Aku pasti ambil tur ini kalo kesana mba. 😍
    Kapalnya cakeeeep, kliatan nyaman. Aku milih banget kalo soal transportasi laut dan darat 🤣. Krn gampang mabok darat dan laut, jadi harus yg nyaman dan bersih. Pemandangan di tengah danau juga cakep Yaa 😄. Suka ih liat pulau hosena. Itu kalo warga lokal yg tinggal di pulau itu butuh sesuatu, hrs ke seberang berarti yaa

Leave a Reply