Places travel

Staycation di Meridian Adventure Dive Resort, Resort Terbaik di Raja Ampat!

deretan yacht meridian dive resort yang menyapa ketika memasuki perairan waisai, raja ampat
papan nama resort yang juga merupakan marina club bagi para pecinta selam

Ketika memasuki perairan Waisai, Raja Ampat teman-teman akan melihat deretan yacht di sebelah kanan pulau yang menandakan lokasi Meridian Adventure Dive Resort. Untuk tiba di Waisai ada beberapa cara. Pertama dengan menggunakan pesawat tipe ATR kecil yang langsung landing di bandara Waisai, Marinda Airport dan hanya membutuhkan 30 menit untuk tiba dari Kota Sorong ke Waisai. Hanya saja ketersediaan pesawat ini tidak setiap harinya. Kedua, teman-teman bisa menggunakan kapal cepat Ekspress Bahari yang tiap hari melayani rute Sorong – Waisai di jam 9 pagi dan 2 siang. Kita-kira memakan waktu 2,5 – 3 jam tergantung apakah sedang musim gelombang atau tidak. Pilihan ketiganya yaitu teman-teman juga bisa menyewa boat cepat resort yang bisa menghemat perjalanan hingga hanya memakan waktu 1,5 jam (nanti kujelaskan lebih lanjut yah).

Sebelum lanjut bercerita, kukasi nih pengetahuan singkat tentang Raja Ampat buat teman-teman yang baca artikel ini. Raja Ampat adalah deretan pulau lebih dari satu. Ada empat kepulauan besar (ditemani oleh deretan pulau-pulau kecil yang tersebar di sepanjang perairan raja ampat) yang akan teman-teman bisa datangi. Yaitu Waisai, Batanta, Misool dan Wayag. So, jangan dikira Raja Ampat hanya bongkahan satu pulau besar. Disebut Archipelago karna memang deretan pulau-pulaunya yang begitu banyak. Bahkan belum semua lho yang sudah dimapping di peta konvensional yang sering teman-teman lihat. Kaya banget kan?

Lobby Meridian Adventure Resort
di ruangan lobby ada berbagai buku yang dipajang dan bisa teman-teman baca

Resort ini beda banget dengan berbagai hotel yang pernah saya datangi. Di lobby hotel, kita tidak diperkenankan menggunakan sepatu yang kita bawa. Malah dari hotel ada sendal yang sudah disiapkan untuk para tamu. Hal ini ternyata untuk tetap menjaga kebersihan dan menghindari hotel beresiko dimasuki virus corona. So, di depan hotel akan ada deretan rak sepatu yang disiapkan untuk para tamu. Jangan khawatir, ga bakal hilang juga sepatu teman-teman. Di dalam kamar hotelnya juga menarik karna air pancuran (shower) yang digunakan adalah air hujan yang ditampung dan difilter dengan mesin khusus untuk membuatnya layak untuk digunakan. Selain itu juga nih teman-teman jangan harap deh masuk kamar hotel dan berharap menemukan air kemasan botol plastik. Gabakal ada! Justru pihak hotel menggunakan botol kaca ukuran 600ml yang bisa teman-teman refill sendiri dekat resepsionis. Bisa dipilih juga mau air biasa, dingin maupun panas.Β  Disini juga tidak ada lift yah teman-teman, karna resortnya terdiri dari dua lantai. Jangan takut bila membawa banyak koper maupun tentengan, ada staf hotel yang siap membantu kamu kok. Inilah sebenarnya yang buat resort ini menjadi resort yang beda serta ramah lingkungan banget.

Berbagai buku bacaan juga tersedia banyak disini. Bukan novel yah tapi buku hasil dokumentasi dan riset para penjelajah tentang Raja Ampat yang bisa teman-teman nikmati. Dari lobby hingga ke teras hotel selalu berjejer buku-buku serta brosur berbagai tempat di Raja Ampat yang bisa teman-teman datangi. Dari yang sudah sering didatangi sampai dengan yang belum pernah teman-teman lihat terpublikasi di sosial media!

tempat teman-teman bisa merefill botol air dan minuman dingin. Ada juga berbagai souvenir yang bisa dibeli dari resort
lantai resort yang mayoritas kayu beserta tangga menuju ke lantai 2
tempat teman-teman bisa merefill botol air dan minuman dingin. Ada juga berbagai souvenir yang bisa dibeli dari resort

Selain itu yang membuat resort ini unik adalah tempat santainya yang berada di tengah hutan bakau! Awalnya kupikir pasti bakal berbau dan bernyamuk. Ternyata tidak sama sekali! Karena pihak resort rajin banget membersihkannya. Tersedia juga nih berbagai permainan yang bisa teman-teman nikmati disini seperti bilyard, tenis meja maupun permainan kartu uno yang telah disediakan oleh pihak resort. Dengan view menghadap ke dermaga membuat siapa saja yang bersantai disini bisa menikmati deretan yacht, sunset maupun berolah raga untuk peregangan tubuh.

Ada juga nih course diving untuk pemula bagi teman-teman yang mau belajar bagaimana bisa mahir dicing. Paddle board juga ada disini untuk melengkapi pengalaman teman-teman menikmati Raja Ampat secara menyeluruh. Berhubung resort ini berada di titik tengah Kepulauan Raja Ampat, teman-teman bisa menjelajahi bergaia pulau-pulau di sekitarannya secara bebas. Pastikan nih teman-teman tidak lupa mengunjungi Geosite Park Piaynemo, Kali Biru (jaranya cuma 45 menit dari resort), serta pantai pasir timbul.

Jangan lupa untuk menikmati sunset dari dermaga resort. Pemandangan langit Raja Ampat yang indah ditemani oleh berbagai burung serta aktifitas para nelayan lokal begitu sinkron dan harminis untuk dinimati.

Gimana yah caranya bisa tetap staycation di resort tapi tidak telat penerbangan dari Kota Sorong? Tenang. Pihak resort tidak hanya menyediakan paket wisata namun juga jasa boat yang bisa teman-teman carter dari Waisai ke Kota Sorong. Ketika tiba di Sorong nanti sudah ada mobil hotel yang siaga untuk mengantarkan teman-teman ke bandara. Boat cepat resort ini beda banget dari segi kualitas dan tempat duduknya, mesin PK yang digunakan juga besar sehingga tidak akan berasa gelombang di tengah laut. Cuma membutuhkan 1,5 jam lho untuk tiba di Kota Sorong! Bayangkan seberapa cepatnya! So, jangan ragu deh ke Raja Ampat. Dijamin kamu bakal pengen balik lagi kesini!

pemandangan sunset dari dermaga resort
boat cepat resort yang hanya memakan 1,5 jam menuju Kota Sorong
Facebook Comments Box

3 Comments

  1. Fanny_dcatqueen

    February 26, 2022 at 1:11 pm

    Impianku bangetttt bisa kesini 😍. Sejujurnya selama ini lebih milih traveling ke luar, karena memang tiket ke timur Indonesia itu mahaaal 😣. Tapi sebenernya sebanding bangettt ya mba dengan keindahannya…

    Nyeseeel banget dulu ga pernah ke Papua, padahal papaku dulu kerja di salah satu LNG company di sana.

    Ohh jadi lumayan juga Yaa jarak Sorong ke raja Ampat ini mba. Tapi melihat boat nya, sumpah sih pengen bangettt naikin 😍.

    Hotelnya pun kece parah! Salut Ama konsep ramah lingkungannya. Baru kali ini tau ada hotel yg menyediakan rak sepatu dan sendal utk tamunya

    1. jenikaray

      February 28, 2022 at 4:38 am

      Nah entah mengapa ketika pandemi ini tiket jadi murah kak ke timur indonesia. Bisa jadi kesempatan sebenarnya. Itu juga jadi PR buat pemerintah agar bahan baku harganya bisa lebih sedikit murah. Wiiihh… di perusahaan LNG yah kak? Seru pasti. Jaraknya mayan kak, makanya banyak yang kira tiba di sorong langsung auto tiba di raja ampat. Yuk kak, main-main ke Raja Ampat!

  2. Capacity Building Perwakilan SKK Migas Wilayah Papua & Maluku – Jeni Karay

    August 22, 2022 at 7:28 am

    […] Papua & Maluku untuk menjadi salah satu pembicara dalam Capacity Building yang diadakan di Meridian Resort Waisai, Raja Ampat. Dalam Capacity Buiilding ini Jeni Karay memberikan materi tentang Pemanfaatan Sosial […]

Leave a Reply