book & movie

Review Buku Kenanga Karya Oka Rusmini

Seperti judulnya, secara keseluruhan novel ini menceritakan kehidupan seorang perempuan Bali bernama Kenanga. Di dalam Kenanga, tersajikan cerita tentang bagaimana cinta adalah sesuatu hal yang nyata ada, meski tidak pernah terlihat secara kasat mata.


Meskipun genre utamanya adalah romance, Oka Rusmini tidak menggambarkan adegan-adegan dalam novel dengan terlalu cheesy atau terlalu menggelikan, justu sebaliknya. ‘Cinta’ dalam novel ini digambarkan sebagai sesuatu yang suci, tak terelakkan, dan sesuatu yang selalu membara dalam setiap tubuh manusia. Yang sangat menarik bagi saya pribadi adalah kisah cinta Rahyuda dan Jero Kemuning, meski tidak terlalu mendetail namun cukup membuat saya prihatin dan diam-diam bersyukur karena ada hal yang dinamakan ‘cinta’.

“Tiang sangat menghargai cinta, Kenanga. Tiang sangat mengagungkannya sebagai sebentuk kehidupan tersendiri yang bebas dari kejahatan. Cinta yang lahir dari sini dan dari sini,” kata Rahyuda seraya menepuk dada dan kepalanya. (Hal. 24)

Di dalam Kenanga, juga tersajikan bagaimana adat Bali sedikit-banyak cukup mengekang kehidupan perempuan; ambisi, impian, bahkan cinta itu sendiri dengan sistem kasta dan nilai-nilai yang dikonstruksikan sendiri oleh masyarakat. Menggunakan sudut pandang orang ketika tunggal , novel ini cukup banyak menggunakan istilah-istilah dengan bahasa Bali namun tetap dengan catatan kaki sebagai penerjemah.

Secara keseluruhan novel ini cukup apik dalam menghantarkan pembaca menuju inti cerita dan pemahaman karakter pada tokoh-tokohnya, namun yang membuat saya kecewa adalah ending yang terkesan buru-buru dan tidak utuh. Hubungan Kenanga, Bhuana, dan Luh Intan yang tidak juga terkuat sampai akhir membuat saya banyak bertanya-tanya.

membaca kenanga lagi-lagi membaca sikap teguh seorang wanita yang cerdas, memukau, tabah, dan kuat. kenanga yang berkisah tentang seorang wanita bali yang berhasil bergumul dengan banyak hal, pun bergumul dengan adat istiadat Bali yang lebih banyak meminggirkan perempuan. Kenanga juga merupakan sebuah kisah yang memperjuangkan cinta tulus yang tidak hanya didasari oleh nafsu, tapi sebuah pengorbanan untuk cinta sejati.

Facebook Comments Box

Leave a Reply