journal self development

Kepercayaan Diri: Cari Dimana Yah?

Banyak orang rela melakukan apa saja untuk bisa memiliki kepercayaan diri. Apapun bisa dilakukan: dari menggunakan setelan pakaian yang mahal, menggunakan aksesoris perhiasan yang eye cathing ataupun mengikuti berbagai kelas self development yang pastinya harganya tidak murah setiap pertemuannya agar dapat tampil atau berdiri di depan banyak orang dengan penuh percaya diri. Ada banyak orang yang kelihatannya bagus, tidak ada yang kurang dari apa yang mereka kenakan tapi begitu merasa rendah diri ketika harus berdiri di depan banyak orang.

Tapi tahukah teman-teman bahwa perkara tentang percaya diri yang dicari begitu jauh kemana-mana sebenarnya ada dalam pikiran kita sendiri. Bahwa ketika kita meyakini bahwa kita tidak bisa, maka terjadilah demikian. Sebaliknya, bila kita meyakini kalau kita bisa, maka entah apapun itu bisa kita lakukan. Mungkin benar kalau apa yang kita kenakan bisa mendukung performa kita atau membuat mood kita baik, tapi bukan berarti apa yang kita kenakan mendefinisikan tentang siapa diri kita, harga diri kita bahkan mendefinisikan kekuatan kita. Apa yang kita pikirkan tentang diri kita jauh lebih penting.

Bila saat ini ada teman-teman yang masih bergumul bagaimana caranya untuk lebih percaya diri, saran saya mulailah untuk berpikir dengan benar bahwa teman-teman bisa melakukannya. Karna pada akhirnya cara berpikir kita akan mempengaruhi performa kita ketika berada di depan banyak orang.

Facebook Comments Box

Leave a Reply