quote quotes

Sustainable Dong!

Sustainable Dong!

konsep ini sebenarnya bisa juga lho diterapkan dalam kehidupan kita sehari-hari

By JENI KARAY

Sustainable. Pasti waktu pertama kali dengar kata ini dalam pikiran kita kalau bukan eco green ramah lingkungan pasti tentang program pengembangan masyarakat. Kata dasar dari sustainable adalah sustain yang artinya dengan berlanjut atau dapat juga diartikan menjadi ramah lingkungan. Terdapat satu kata lain yang dibentuk dari kata dasar sustain yaitu sustainability yang berarti keberlanjutan.

 

Teman, konsep ini sebenarnya bisa juga lho diterapkan dalam kehidupan kita sehari-hari. Dalam hal relasi. Bukan cuma relasi cinta-cinta doang aja, tapi juga pertemanan atau persahabatan. Goals dari segala hal yang sustainable ini adalah agar terus menerus ada, bukan bersifat sesaat.

Bayangin nih, kalau kamu pacaran. Trus sama pacarmu itu hubungannya putus nyambung putus nyambung terus. Kan lama-lama hosah (capek) punya relasi seperti itu. Ibarat sedang membangun rumah bersama. Fondasinya sudah kokoh, rangkanya sudah berdiri, pas waktu nyusun batu telanya, teman kerjamu bilang dia capek dan mau mengundurkan diri dari pembuatan rumah tersebut. Pastinya bingung dong. Harus nyari pekerja yang baru lagi, yang paham gimana keinginan dan visimu ketika membangun sebuah rumah. Belum lagi tentang orang tersebut harus berkomitmen dan mau bekerja sesuai dengan jam kerjamu.

Sama halnya dalam relasi maupun pertemanan. Seperti punya partner yang sedang bersama-sama mengerjakan sesuatu, gegara salah satunya tidak komit, harus “ganti pemain” lagi.

Itulah kenapa prinsip sustainable itu penting. Bahwa orang yang menjadi kekasih, sahabat, teman adalah orang yang benar-benar mau menemani kita dalam segala badai serta musim kehidupan. Kalau dalam relasi, si dia adalah orang yang tidak akan gampang ngomong kata ‘putus’ bila hal yang dipermasalahkan bukanlah hal-hal perkara besar dan signifikan. Bila dalam pertemanan, mereka adalah orang yang tidak saja hanya ada di tiap sela-sela riang tawamu tapi juga yang akan setia menemanimu ketika dirimu terisak-isak penuh air mata.

So, carilah yang sustainable. Bukan yang ‘cepat kadaluarsa’. Have a good day teman!

Share on facebook
Facebook
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest
Jeni Karay

Jeni Karay

Merupakan Papua Social Media Influencer yang gemar untuk menulis, membaca dan begitu antusias dengan dunia sosial media untuk memberikan dampak kepana anak muda di Tanah Papua.

Explore More

Related Posts

Top 5 Buku Favorit!

Buku adalah jendela dunia. Duh, sudah sering banget kan dengar kalimat ini. Bagiku buku lebih seperti sahabat. Orang yang tidak keberatan mau bersamamu sepanjang masa

Phondabee Pantai Hamadi

Kafe di jayapura Simple way To take your coffee Kuning Mencolok Dari Deretan Bangunan Siang ini kali pertama saya bertandang ke Booth Phondabee Cofee yang

Pokoknya Wajib Dibawa!

Kalau kemana-mana pasti saja ada beberapa hal yang wajib kubawa didalam tas. Beberapa hal mungkin familiar bagi teman-teman. Tapi percayalah versiku agak sedikit tidak biasa.

Dari Raja Ampat Sampai Ke Belitung

“Bagi saya liburan bukan hanya tentang melepas penat, tapi juga cara untuk “berbelanja” ide-ide menarik.” Seperti tulisan saya sebelumnya, sedari usia 6 tahun kedua orang

Ingin Kugapai di 2021

“Lebih membumi, Lebih banyak bersyukur.” Dengan perubahan signifikan sejak 2020 sejak covid-19 menerjang dunia, termasuk papua membuat saya belajar lebih menyederhanakan apa yang ingin dicapai

Facebook Comments Box

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *