journal jurnal

Salah Fokus

Well, sering kali inilah kalimat pembuka pertama saat kebanyakan orang mendengarkan kisah sukses orang lain:

“… wah, keren yah kak, kamu bisa begini dan begitu..”

“…wow, kereeen… aku juga mau..”

“… enak yah, bisa seperti kamu, pergi kesini dan kesana..”

Secara sepintas, berbagai macam respon ini terlihat tidak begitu mencolok. Terlihat tidak ada yang salah. Namun, sebenarnya ada kesalahan kecil banget yang akan membuat kita salah fokus saat mendengarkan kisah kesuksesan seseorang. Dimana sih letak salah fokusnya? Let me show you:

Kebanyakan dari kita saat mendengarkan kesuksesan orang lain atau cerita sukses seseorang, hanya berfokus pada titik kejayaan orang tersebut. Kita cenderung melupakan pelajaran yang lebih berharga: bagaimana perjuangan mereka saat berada di berbagai titik terendah kehidupan. Bagaimana cara mereka mengatasi masalah yang datang, bagaimana menunggu begitu lama tanpa hilang harapan. Bagaimana mereka rela bekerja serabutan untuk bisa bertahan hidup. Seharusnya di titik-titik itulah kita belajar bagaimana cara mereka untuk mengatasi kesusahan hidup tersebut. Karna salah fokus tersebut juga, maka setiap kisah sukses tokoh-tokoh dunia akan tetap hanya menjadi dongeng bila kita hanya berfokus pada titik kejayaan mereka. Kisah sukses hanya akan menjadi sebuah dongeng, bila kita tidak mempelajarinya secara baik sehingga berdampak pada diri kita.

So, bila anda belajar dari kisah sukses seseorang, dalamilah bagaimana cara mereka menghadapi titik terendah dalam kehidupan mereka. Niscaya, spirit mereka pun dapat menjadi pengingat bagi kita saat berada dalam titik terendah kehidupan kita 🙂

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *