journal journey

Pelajaran Dari 2020

Memulai 2021 dengan membahas resolusi jadi membosankan untuk saya. Jadi dalam tulisan ini ku ingin bercerita tentang pelajaran kehidupan yang 2020 berikan kepada saya.

Di instagram, saya menanyakan hal yang sama kepada para pengikut: “Apa pelajaran yang paling penting dalam hidup yang ko pelajari di 2020” Saya takjub dengan berbagai jawaban yang masuk. Bahwa ternyata dibalik kesusahan yang dihadapi karena pandemi, ada saja hal-hal positif yang dilahirkan dari hal tersebut.

bisa klik disini untuk melihat

Secara pribadi di 2020 saya belajar 3 hal penting yang ingin saya bagikan juga kepada teman-teman:

Liberate Your Mind

Ini terjadi dengan studi master saya. Awalnya resah dan gelisah (bukan lagu yah) bertanya-tanya dalam sanubari apakah bisa lulus di 2020 ini. Tapi daripada memilih bertanya-tanya dalam hati tanpa henti, yang saya lakukan adalah berusaha. Banyak tantangan yang muncul: dari jarak bimbingan, perubahan ini dan itu, proses nilai toefl yang lambat keluar dari jadwal ‘seperti biasanya’ bahkan jadwal sidang yang juga harus menunggu sampai genap sebulan penuh. Dan akhirnya lulus dengan IPK 3,89! Corona, I beat you down.

Dalam pikiran kita bebas menciptakan realita termasuk mimpi buruk. So, pastikan di tengah dunia yang makin amburadul, hidup yang makin susah, jangan sampai tidak ada “air bening” dalam pikiran kita.

At the end, there’s only you

Biar teman atau sahabatmu banyak, pada akhirnya hanya ada dirimu sendiri. Berjuang untukmu. Itulah mengapa menjadi kuat secara pribadi itu penting. Bahkan mungkin untuk saat ini itulah satu-satunya pilihan yang mau tidak mau harus diambil. Mandiri, merasa cukup untuk diri kita sendiri di masa seperti ini perlu ada.

You need God, bro

Saya menemukan damai yang begitu aneh. Muncul di tengah kepanikan. Saya menemukan damai ketika pergi ke tempat-tempat dimana cuaca begitu buruk, rentan terhadap virus, dan lain sebagainya. We never know apa yang bakal terjadi berbulan-bulan di depan. Ga usah bulan. Beberapa jam ke depan aja kita ga bakal tahu. Tapi ketika iman dan harapan kita diletakkan kepada Tuhan, kita akan bisa melihat unsur “the unknown” bukan menjadi hal yang menakutkan.

Teman, apapun pelajarannya, selamat. Kamu berhasil bertahan dan masuk di 2021 ini. Hidup makin tidak mudah dihadapi tapi dirimu semakin kuat dari hari ke hari. Keep it up, teman.

" Bahwa ternyata dibalik kesusahan yang dihadapi karena pandemi, ada saja hal-hal positif yang dilahirkan dari hal tersebut."
Jeni Karay

Jeni Karay

Merupakan Papua Social Media Influencer yang gemar untuk menulis, membaca dan begitu antusias dengan dunia sosial media untuk memberikan dampak kepana anak muda di Tanah Papua.

Share on facebook
Facebook
Share on pinterest
Pinterest
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

More to explorer

Adolescent Challenge Jayapura 2020

Event papua Remaja Berdaya guna Produktif Dikala pandemi Remaja Papua Bersuara Adolescent Challenge merupakan kegiatan peningkatan kapasitas yang diadakan dengan kerja sama

Voice Of The Future

Influencer Berdampak Elevatepeople.id dalam acaranya Voice of The Future mengundang Jeni Karay untuk berbagi tentang bagaimana menjadi influencer yang selalu memberikan positive

Launching Aplikasi Oky di Tanah Papua

Akses untuk Papua Di tahun 2020 UNICEF akan meluncurkan aplikasi mobile yang penting untuk penggunanya memantau jadwal dan memberikan informasi penting lain

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *