book & movie books books & movies

Koplak, Novel Oka Rusmini

Saya termasuk dalam salah satu penggemar tulisan Oka Rusmini. Gaya penulisan beliau yang sederhana, menggambarkan kehidupan sehari-hari dan bagaimana beliau mengemas kehidupan masyarakat bali begitu menarik buat saya. Buku keluaran 2019 ini mengambil tokoh utama seorang lelaki bernama I Putu Koplak alias Koplak. Ia adalah seseorang kepala desa di Bali yang biasa juga disebut perbekel di Desa Sawut. Ia seorang petani, hidup dari hasil-hasil pertanian. Tokoh ini digambarkan menjadi kepala desa ala “orang tua”. Memandang hidup begitu sederhana, tidak begitu pusing dengan perkembangan teknologi. Bahkan ketika pemilihan kepala desa, koplak tidak sibuk harus membuat banner maupun baliho karena baginya kepercayaan adalah segalanya. Benar-benar sederhana!

Hal menarik bagi saya dalam novel ini adalah figur dari Koplak benar-benar merepresentasikan kehidupan orang tua yang hidup di tengah jaman milenial. Susah menggunakan ponsel, tidak begitu tertarik untuk harus mempelajari teknologi baru, memiliki anggapan bahwa yang terpenting adalah kesuksesan anak dan kebahagiaannya diatas kebahagiaan pribadi. Dari figur koplak inilah saya bisa belajar bagaimana pemikiran sosok orang tua. Bagaimana kecemasan mereka, mengapa mereka melihat hidup begitu sederhana dan cara mereka menanggapi hal-hal tragis dalam kehidupan.

⁣Buku ini termasuk novel yang ringan untuk dinikmati. Seperti biasa, Oka Rusmini menyuguhkan kehidupan masyarakat bali sehari-hari dengan begitu indah.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *