Banyak orang yang saya temui meletakkan kebanggaan atau gengsinya kepada hal-hal seperti gelar, harta bahkan mungkin kepada orang-orang yang mereka cintai. Namun datanglah sebuah permasalahan: ketika kita meletakkan identitas atau harga diri kita kepada hal-hal tersebut, kita menjadi rentan rapuh ketika hal-hal itu direnggut dari diri kita.

Ada orang yang marah begitu luar biasa ketika diusik tentang gelarnya atau jabatannya. Ada yang langsung merasa dunia hancur seketika ketika orang yang menjadi kebanggaan mereka tiba-tiba harus meninggalkan dunia untuk selamanya. Ada juga yang meletakkannya pada kendaraan atau harta. Begitu harta itu hilang, hilang juga kesadaran dirinya.

Kawan, mungkin ini terlihat sepele. Tapi pernahkah kita melihat ke dalam diri kita. Bertanya ke dalam diri kita: dimana kita meletakkan kebanggaan dan harga diri kita selama ini?

Yang pasti, apapun yang terjadi di muka bumi ini, dirimu adalah yang paling berharga. Dirimu yang paling dicintai oleh semesta. Karena penciptamu memberikanmu nafas hidup hingga detik ini.

So, bila wajahmu penuh jerawat kamu tetap cantik apa adanya. Bila kau sekarang memiliki banyak pergumulan hidup, cheer up mate! Kamu berharga! Bila saat ini belum semua impianmu tercapai dan kau sedang berjuang meraihnya, kamu tetap berharga. Karena harga dirimu terletak jauh didalam dirimu. Hal-hal material di bumi tidak dapat mendefinisikannya.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *