Sama halnya naik kelas dalam dunia akademik. Begitu juga dalam kehidupan. Manusia selalu memiliki saat dimana ia harus naik kelas. Dari tidak bisa berjalan kemudian dapat berjalan. Dari berjalan kemudian belajar berlalu. Lalu terbang.

Ketika naik kelas, ada saja kesusahan. Saya menyebutnya dengan kata yang halus: ujian.

Jeni Karay

Ketika naik kelas, ada saja kesusahan. Saya menyebutnya dengan kata yang halus: ujian. Tidak ada ujian yang mudah. Selalu ada deretan kesusahan. Kadang, beberapa orang tidak dapat bersama kita ketika harus naik ke kelas yang lebih tinggi. Mereka harus ditinggalkan. Bukan karena mereka orang yang tidak baik (beberapa mungkin benar tidak begitu baik padamu). Hanya hidupmu harus terus menanjak mencapai kelas tertinggi.

Semakin susah perjalanan kehidupanmu, tidak semua orang baik di sekelilingmu mau turut berjalan bersamamu. Beberapa akhirnya tersaring dengan seleksi alam.

jeni karay

Semakin susah perjalanan kehidupanmu, tidak semua orang baik di sekelilingmu mau turut berjalan bersamamu. Beberapa akhirnya tersaring dengan seleksi alam. Entah karena konflik, perselisihan, atau ketidakcocokan yang muncul dengan berjalannya waktu.  Beberapa yang ditakdirkan untuk selalu berada di sampingmu akan selalu ada ketika suka dan duka. Ketika moodmu swing ataupun stabil. Ketika di titika terbaik ataupun terendahmu. Bila kau menemukan beberapa, tetaplah jaga mereka sebagai orang yang selalu berada di lingkaran dalammu. Jadikan mereka orang kepercayaan yang juga bisa menjadi partnermu dalam menggapai mimpi-mimpi dalam hidupmu.

Semakin tinggi level yang akan kau raih, kau akan menemukan. Semakin sedikit orang yang berada di titik lingkaran terdalammu. Itu wajar. Itu normal. Semakin kecil lingkaranmu, semakin hidupmu juga hanya dipenuhi dengan energi positif, jauh dari drama (cukup main drama waktu jaman bocah yah, kalau sudah dewasa jangan dibawa-bawa), dan lebih fokus untuk mengejar apa yang menjadi fokus hidupmu.

Beberapa soal kehidupan mungkin harus diulangi beberapa kali hingga akhirnya kita lulus untuk soal tersebut.

Jeni karay

Naik kelas mendebarkan. Ujiannya, lembah-lembah kehidupan ataupun titik-titik terkelam yang mungkin hanya bisa dilewati dan dipahami oleh dirimu sendiri. Beberapa soal kehidupan mungkin harus diulangi beberapa kali hingga akhirnya kita lulus untuk soal tersebut.

Mungkin kita bakal berpikir “Knapa sih ngulang disini terus?” tapi ya namanya naik kelas, tidak ada dalam ujian dimana ada soal yang bisa dilalui tanpa penyelesaian.

coba bayangkan mimpi-mimpi tertinggi dalam hidupmu yang bisa kau capai ketika kau akhirnya tekun menghadapi soal-soal ujian kehidupanmu.

Jeni Karay

Di sisi lain, naik kelas dalam kehidupan juga akan memberikanmu berbagai hal-hal seru yang memperkaya bahkan memberikanmu kapasitas yang lebih untuk mencapai prestasi tertinggimu. Selain memperkecil (lebih serunya kusebut menyaring mana yang fake dan tidak) lingkarang kepercayaanmu, coba bayangkan mimpi-mimpi tertinggi dalam hidupmu yang bisa kau capai ketika kau akhirnya tekun menghadapi soal-soal ujian kehidupanmu. Bukankah pada akhirnya ada nikmat yang menanti di depan untuk diraih sepenuhnya olehmu?

Dari kanak-kanak saya begitu suka sekali dengan film-film petualangan Indiana Jones. Bagaimana sang tokoh utama harus menelusuri hutan, melawan setiap sisi jahat yang berusaha menghambatnya untuk mencapai destinasinya. Ada beberapa plot dalam ceritanya dimana ia dihadang musuh, berusaha diberikan racun ataupun dihadang oleh hujan peluru oleh sisi opositnya. Tapi selalu saja si petualang akan begitu cerdik untuk melewati itu semua (beberapa kali ada orang-orang yang menolongnya juga) hingga menemukan harta karun rahasia yang dicarinya. Begitu juga dalam kehidupan.

Gagal hanyalah ornamen kehidupan. Pelengkap perjalanan, perasa dalam masakan, bunga-bunga kehidupan sesaat. Bukan menjadi inti sari dari perjalanan kehidupanmu.

Jeni Karay

Mau sesusah apapun soal-soal kehidupan yang didapatkan, jangan khawatir kawan. Tetap fokus, dan melangkah maju ke depan dari langkah ke langkah. Kehidupan pasti akan memberikanmu bantuan-bantuan tak terduga dalam bentuk apapun agar akhirnya kau menemukan harta karun kehidupan yang selama ini kau cari. So, bila kehidupan memberimu soal-soal ujian? Hadapi saja dan jangan takut. Perlahan-lahan semua akan berlalu. Berganti dengan destinasi harta karun kehidupanmu. Gagal hanyalah ornamen kehidupan. Pelengkap perjalanan, bunga-bunga kehidupan sesaat. Bukan menjadi inti sari dari perjalananmu.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *