Sehari-harinya kita semua memiliki permasalahan atau pergumulan masing-masing. Entah itu dalam keluarga, relasi kita dengan orang lain maupun mungkin pergumulan masa depan ataupun karir yang sedang kita tapaki saat ini.

Tak ayal pergumulan-pergumulan tersebut juga mengajarkan kita secara tidak langsung tentang berbagai hal positif. Ketika kita memikirkan keluarga, kita sedang diajarkan untuk tidak egois memikirkan diri sendiri. Ketika kita memikirkan tentang karir, kita sedang belajar bagaimana menjadi dewasa berpikir tentang masa depan seperti apa yang kita inginkan. Ketika kita memikirkan relasi kita bersama orang lain, kita sedang diajarkan bagaimana bersosialisasi dan cara menyelesaikan masalah secara sehat.

Semua itu adalah hal-hal positif yang saya sebutkan sebagai mutiara-mutiara kehidupan di tengah pergumulan dan permasalahan yang akan selalu ada di dalam kehidupan kita masing-masing?

So, jangan pernah terpatri saja dengan masalah yang sedang kita hadapi. Tapi cobalah lihat dari sisi lainnya. Bahwa kehidupan sedang memberikan mutiara-mutiara kehidupan yang dibungkus dalam pergumulan kehidupan kita masing-masing.

Bila saat ini kamu sedang mengalami pergumulan hidup tentang apa saja, ingatlah selalu. Bahwa akan ada mutiara kehidupan yang selalu didapatkan dalam setiap pergumulan tersebut.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *