Siang ini panas banget. Namanya saja kota Jayapura. Jadi, emang panas terik itu sudah jadi makanan sehari-hari. Siang bolong gini sih enaknya PW (Posisi Wenak) di rumah sambil minum yang dingin-dingin. Tapi ada yang beda hari ini. Saya dan teman-teman komunitas fotografi Kelas Pagi Papua harus praktikum fotografi di tiga tempat berbeda.

Salah satu tempat yang kami tuju ternyata sudah ditutup untuk umum. Sehingga jalan menuju ke tempat itu sudah diputus secara sengaja agar kendaraan tidak dapat lewat. Masalah pun timbul. Pada saat itu juga otot di pinggul saya baru saja sembuh dari salah posisi. Jadi masih dalam masa pemulihan. Otomatis, saya tidak boleh terlalu cepat-cepat berjalan, lompat, atau naik tangga yang begitu tinggi.

Saya deskripsikan medannya kepada teman-teman: karna jarak antara jalannya begitu jauh dan menyerupai gundukan, satu-satunya cara untuk bisa melaluinya adalah dengan turun ke dasar selokan (untuk saja saat itu selokannya tidak tergenang air), lalu ditarik naik ke sisi sebelah yang curam untuk bisa sampai ke sebelah.

Saya saat itu sudah bilang ke teman-teman saya bahwa saya tidak bisa melewati jalan ini. Mendingan saya tunggu di mobil saja sampai mereka selesai. Tapi teman-teman saya saat ini menyemangati dan membantu saya untuk bisa sampai ke jalan seberang. Dua teman saya memegang tangan saya agar bisa turun ke bawah selokan. Di bawah, satu lagi teman saya sudah menunggu agar saya punya pegangan ketika tiba di bawah. Bersama-sama, mereka juga yang membantu menarik saya ke atas, agar saya bisa naik tanpa terpeleset.

Emang sih, kelihatannya sederhana. Tapi percayalah. Ketika ototmu keputer, it means gerakanmu terbatas. Dan kamu bakal butuh banyak bantuan. Tapi dari kejadian sederhana ini saya belajar bahwa semua kata “tidak bisa” selalu dapat menjadi “bisa” ketika kamu melaluinya bersama teman-temanmu. Itu juga yang saya alami di suatu siang terik di kota Jayapura.

Tapi ingat yah.. teman yang baik. Bukan asal teman-temanan yang cuma mau bahagiamu, giliran susahmu malah ditinggalin.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *