Mahasiswa lulusan S1 Jurusan Ilmu Komunikasi di Universitas Kristen Petra Surabaya ini sejak duduk di bangku SMA selalu memiliki ketertarikan untuk berkarya di Papua. Baginya menjadi seorang perempuan papua adalah menjadi sosok yang tidak saja dapat berguna dan juga memotivasi masyarakat Papua. 
 
Lulus dengan predikat cum laude membuatnya menggunakan pengetahuannya dalam dunia sosial media serta kesukaannya membuat video dipadukan juga dengan pengalamannya selama berkeliling indonesia dan daerah-daerah pedalaman untuk memberikan motivasi tentang kepedulian, bagaimana pentingnya dampak mahasiswa/siswa kepada masyarakat, pentingnya tujuan hidup dan juga mencintai diri sendiri dalam pergaulan anak muda. Kini Jeni Karay lebih dikenal sebagai motivator anak muda Papua dan selalu diundang dalam berbagai acara anak muda untuk menjadi motivator ataupun tokoh inspiratif anak muda Papua.
 
Melalui instagramnya (@jenikaray) dan juga website pribadinya www.jenikaray.com, serta podcastnya yang bisa dinikmati di spotify, apple podcast maupun google podcasts Cerita Seru Jeni Karay tiap harinya selalu ada tulisan motivasi yang dibuatnya. Lebih dari 80 ribu anak muda berbagai golongan di berbagai daerah mengikuti setiap konten sosial medianya. Salah satu prestasinya adalah terpilih menjadi 5 besar pemenang kontes video Visi Indonesia 2045 yang diselenggarakan oleh Diaspora RI dan satu-satunya yang mewakili Papua dan Papua barat dalam kontes nasional ini.
 
Perempuan pecinta musik jazz ini kini sedang menyelesaikan penelitian untuk gelas Masternya di Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga dalam bidang Sistem Informasi. Jeni juga aktif dalam berbagai kegiatan sosial. 
 
Kecintaannya pada fotografi membuatnya kini bergabung dengan Kelas Pagi Papua untuk membagikan kelas fotografi kreatif kepada masyarakat di kampung-kampung tentang bagaimana memasarkan produk lokal dengan internet ataupun kepada anak-anak muda yang ingin belajar fotografi dengan gratis. 
 
Dalam kecintaannya di dunia dunia pendidikan di Papua, Jeni Karay juga terjun menjadi konselor untuk komunitas Edufor Papua sejak tahun 2015 yang berfokus untuk memberikan pendidikan gratis kepada anak-anak pegunungan di pinggiran daerah Sentani, Jayapura. Sejak 2013 Jeni Karay juga menjadi ambasador untuk IALF Global untuk memberikan informasi dan juga membantu anak-anak Papua yang ingin mendapatkan beasiswa studi ke luar negri namun tidak memahami harus memulai darimana.
 
Dalam bidang keagamaan, Jeni Karay juga bergabung bersama BTS (Bahasa Teknologi Solution) dan WA (Wycliff Assocsiation) untuk membantu penerjemahan alkitab ke dalam bahasa ibu (bahasa suku di Papua) sejak tahun 2016. Bahasa papua melayu, teluk dalam (nias), suku sawi (asmat) adalah contoh bahasa yang dibantunya dalam proses penerjemahan alkitab.
 
Jeni Karay menjadi salah contoh dan juga motivasi bagi anak-anak muda Papua lainnya bahwa prestasi, gairah hidup, kepedulian dan dunia profesional dapat diraih dengan cemerlang apapun hambatan atau tantangannya. Dengan kata lain: Anak Papua juga bisa!
 

Facebook Comments